Tuesday, March 15, 2016

PERBAIKAN KULKAS

Kulkas atau Lemari es sangat diminati oleh masyarakat  khususnya didaerah yang suhunya cukup panas. Apalagi saat musim panas atau Ramdhan tiba, sudah pasti banyak orang membuat minuman yang dicampur dengan es batu untuk mendinginkan badan dan biar lebih segar. Namun tidak sedikit pula orang mangalami kerusakan kulkasnya karena berbagai sebab, misalnya kulkas tidak mau dingin, kulkas sering mati sendiri, bahkan kulkas tidak mau hidup sama sekali. Bagi orang awam seperti saya ini pasti kebingungan bagaimana cara memperbaikinya. Namun seidikit info dibawah ini semoga bisa membantu.
Penyebab Kulkas Tidak Bisa Dingin lagi

  1. Refrigran, Cooper Strainer atau Filter kulkas tersumbat, yang biasa terjadi di bagian pipa kapiler, sehingga sirkulasi gas freon tidak bisa bertukar. Kalau sudah tersumbat mending dibawa ke ahlinya.
  2. Adanya kerusakan di bagian rangkaian listrik seperti saklar selector, PTC (Bukan Pay to Click ya), Termostat (pengatur suhu), Thermofuse, Over load dll. Cek satu persatu atau perbagian.
  3. Kompresor mengalami kerusakan (Sudah parah kalau yang ini), jadi kalau anda bukan seorang teknisi lebih baik langsung dibawa saja kerumah sakit, maksudnya ke tukang service kulkas.
  4. Karet pintu yang tidak rata yang menyebabkan pintu tidak bisa tertutup dengan rapat, ini bisa terjadi karena usia kulkas atau bahkan karena adanya tarikan yang membuat karet bergeser.
  5. Kebocoran freon, sehingga tidak ada sirkulasi panas dari dalam kulkas menuju keluar. Ini juga termasuk jenis kerusakan berat, karena membutuhkan alat khusus untuk memperbaikinya.
  6. Motor Fan rusak/ terbakar.
Cara Perbaikannya
  1. Jika kerusakan sudah ke bagian kompresor atau bagian perpipa an, lebih baik bawa ke tukang service saja, karena untuk memperbaikinya dibutuhkan alat yang memadai seperti  Freon, pentil pengisian, kawat las tembaga, Flare nut dll.
  2. namun apabila kerusakan hanya dibagian kelistrikan atau selain yang berat tadi maka kita tinggal ganti saja bagian yang rusak, misalnya, Saklar Selector tidak berfungsi tentu harus diganti yang baru, untuk mengeceknya tbisa menggunakan multimeter arahkan ke ohm, cara nya sama seperti kita mengukur saklar biasa, hanya saja ada beberapa pin selector  dan pin induk. Kemudian jika kerusakan yang terjadi adalah karena pintu tidak bisa tertutup dengan rapat (bocor) cara mengatasinya adalah dengan menata kembali karet yang melekat dipinggir pintu bagian dalam. Begitu juga dengan yang lainnya seperti kabel putus atau thermostat yang terbakar atau rusak tinggal kita cek secara fisik terlebih dahulu, jika tidak ada yang mencurigakan ya di tes satu persatu dengan multi meter.
Sedikit penjelasan tersebut semoga bisa membantu, Jika mengalami kerusakan ringan sebaiknya kita bongkar sendiri, namun juga harus lebih hati-hati, agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan. Untuk lebih detailnya mudah-mudahan nanti bisa diposting pada halaman selanjutnya. Yang terpenting tetap berusaha untuk mencari informasi dan tetap semangat.

0 comments:

Post a Comment